Mengenali Jerawat (Acne) dan Tips Pencegahannya

Diposting oleh Ryantato Nugroho on Sabtu, 01 Desember 2012

Aduh…. jerawatku muncul lagi, jadi gak pede di depan teman-teman nih… Mungkin Anda terutama lagi yang masih remaja seringkali berhadapan dengan masalah jerawat yang bikin sebel dan tidak jarang menjadikan hilang kepercayaan diri untuk tampil di depan umum. Sebaiknya kita kenali apa itu jerawat dan seluk beluknya agar kita bisa mengobati dan menghindarinya.

Jerawat (acne vulgaris) adalah penyakit peradangan menahun dari kelenjar minyak (kelenjar sebacea) yang pada umumnya terjadi pada masa remaja dan dapat sembuh sendiri. Gambaran klinis jerawat sering bervariasi, mulai dari komedo (bisa berwarna putih atau hitam), papul (merah), pustul (menonjol dan ada peradangan), nodus (menonjol lebih dari 0,5 cm), hingga jaringan parut hipotrofik (cekung) / hipertrofik (seperti keloid) yang terjadi akibat kelainan aktif tersebut.
Penyebab Timbulnya Jerawat


Hormon androgen mempunyai peranan penting dalam timbulnya jerawat. Hormon ini menjadi aktif dan banyak jumlahnya pada usia remaja, menjelang menstruasi, dan pada saat kehamilan. Hormon ini dapat meningkatkan produksi sebum (minyak).

Selain itu, banyak juga faktor lain yang dapat menimbulkan terjadinya jerawat, diantaranya:

* makan makanan berlemak,
* pemakaian kosmetik / pelembab yang mengandung minyak,
* jarang membersihkan muka yang kotor & berminyak,
* merokok,
* stress,
* kurang tidur (istirahat),
* cuaca & udara yang terlalu panas.

Proses Terjadinya Jerawat

1. Hiperkeratinisasi folikuler. Kelenjar minyak di dalam kulit kita memiliki saluran yang berhubungan dengan dunia luar. Saluran ini dilapisi oleh folikel. Namun ada kalanya folikel-folikel tersebut menebal dan sulit lepas sehingga sebum (minyak) yang dihasilkan oleh kelenjar menjadi tersumbat.
2. Peningkatan produksi sebum. Ini dipengaruhi oleh hormon androgen.
3. Kolonisasi Propionibacterium acnes (bakteri penyebab jerawat). Bakteri ini bekerja secara anaerob (tidak membutuhkan oksigen). Oleh karena kondisi anaerob akibat hiperkeratinisasi folikuler, lama-kelamaan jumlah bakteri menjadi semakin banyak.
4. Inflamasi. Sebum merupakan makanan bagi Propionibacterium acnes. Sebum dipecah menjadi asam lemak bebas. Asam lemak bebas yang semakin banyak akhirnya dipecah dan oleh karena hal ini bukan sesuatu yang normal terjadi, maka oleh tubuh dianggap sebagai suatu benda asing dan terjadilah reaksi imun (kemotaktik) dan inflamasi.

Hasil dari inflamasi yang terjadi di dalam kulit kita dapat kita lihat dari luar sebagai munculnya jerawat yang merah, nyeri, lama-lama berisi pus (nanah), yang sering kali dipecahkan.
Bagaimana Cara Mencegah Munculnya Jerawat?

Setelah kita mengetahui pengertian, jenis-jenis, dan penyebab terjadinya jerawat akan terasa kurang lengkap kalau tidak mengetahui bagaimana cara pencegahannya. Cara termudah untuk mencegah munculnya jerawat yaitu dengan menghindari atau melakukan kebalikannya dari hal-hal penyebab munculnya jerawat diatas. Berikut ini ada beberapa tips agar Jerawat enggan bertandang di wajah kita lagi :

* Gunakan pembersih khusus seperti lotion atau sabun khusus untuk kulit berjerawat.
* Selalu jaga kebersihan kulit wajah, tangan, serta perangkat rias. Begitu juga dengan kebersihan rambut, terutama jika rambut Anda panjang dan berponi, karena minyak serta kotoran yang ada pada rambut dapat menempel pada kulit muka yang akhirnya dapat memicu produksi sebum berlebihan dan munculnya jerawat.
* Pilih kosmetik yang larut dalam air, hindari kosmetik yang mengandung minyak.
* Hindari makan makanan yang berlemak.
* Hindari merokok.
* Tidur (istirahat) yang cukup.
* Hindari stres.
* Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang.
* Makan buah untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
* Minum air putih (minimal 8 gelas sehari) untuk membersihkan ginjal dan hati serta mengeluarkan racun dari dalam, sehingga kulit menjadi sehat, bersih dan cerah.
* Olahragalah secara teratur.

Selamat tinggal Jerawat …
Artikel Terkait

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...